Cantengan Kecil, tapi Menyakitkan

http://kulitcantik-drmyrna.com wrote to You:
--------------------------------


Klinik Kecantikan dr.Myrna - Kaki yang terletak dibawah kerap diabaikan kebersihan dan kesehatannya. Bahkan, untuk sekedar memotong kuku pun kurang diperhatikan. Akibatnya, sering muncul masalah pada kaki. Salah satunya cantengan. Cantengan pada dasarnya adalah infeksi yang terjadi pada jari-jari kaki, terutama jempol atau ibu jari. "Infeksi bisa terjadi karena ada luka, yang kemudian ditumpangi kotoran atau kuman,".
Meski kecil, cantengan sangat menyakitkan. Sebab, infeksi menyebabkan kaki jadi bengkak, memerah, bahkan jika parah akan bernanah, sehingga menimbulkan rasa nyeri. "Karena itulah, cantengan harus segera diobati agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari,". Pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya cantengan, yaitu:
1. Pertumbuhan Kuku Kurang Baik
Penyebab utama cantengan adalah pertumbuhan kuku yang kurang baik atau tidak semestinya, sehingga melukai kulit disekitar kuku tersebut. Bentuk kuku yang normal adalah melengkung dengan sudut-sudut yang dekat dengan kulit lebih pendek ketimbang bagian atasnya. "Nah, jika bentuk kuku tidak melengkung, tapi kotak atau lancip dibagian sudut, tentu akan melukai kulit jari kaki. Bila terinfeksi kuman, terjadilah cantengan,".
Beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan kuku jadi kurang baik adalah:
Salah Memotong Kuku-kuku Jari Kaki
Bentuk kuku bisa menjadi tidak normal karena salah memotongnya. "Normalnya kan bentuk melengkung. Jika terbiasa memotong dengan bentuk kotak atau persegi, lama-kelamaan bentuk kuku juga akan tumbuh persegi". Kuku yang dipotong dengan bentuk kuku kotak atau berantakan dengan sudut yang terlalu lancip, berpotensi menusuk dan melukai kulit jari kaki di sekitarnya.
Memotong kuku terlalu pendek juga memungkinkan terjadinya cantengan. Sebab, kuku yang terlalu pendek mudah terluka, karena terlalu dekat dengan kulit dan daging disekitar kuku. Agar kulit dan daging disekitar kuku tidak tertusuk, disarankan agar kuku jempol kaki rutin di pangkas sampai di kedua pingirannya.
"Pengguntingan kuku yang tidak sempurna sampai kedua pinggir kuku, berakibat kuku di bagian ini lebih panjang dan terus bertambah panjang. nah, pinggir kuku yang lebih panjang ini suatu saat akan menusuk kedua sisi daging jempol kaki di depannya,". Jika kurang bersih, luka tersebut bisa terinfeksi kuman, dan terjadilah cantengan.
Ujung Sepatu Terlalu Sempit
Pemakaian sepatu berujung sempit, seperti model pointed shoes, bisa mengakibatkan jari-jari kaki berhimpitan. Jika terjadi dalam waktu lama, tentu akan mengganggu pertumbuhan kuku. "Sepatu berujung lancip akan menekan jari-jari kaki, sehingga ujung kuku akan menjempit daging di kaki. Hal itu akan menimbulkan luka, dan berpotensi terjadinya cantengan".
2. Luka Luar
Luka yang di sebabkan faktor luar, seperti tertusuk duri atau alat pemotong kuku saat mencongkel kotoran di sudut-sudut kuku, juga bisa menyebabkan cantengan. "Tidak hati-hati mencongkel kotoran di sudut kuku bisa merusak jaringan di sekitar kuku, bahkan menusuk daging kuku, hingga menyebabkan pembengkakan. Hal itu tentu bisa memicu terjadinya cantengan,".
3. Kelembaban Kaki Tidak Terjaga
Kondisi kaki yang lembab juga bisa menyebabkan cantengan. Sebab, kaki yang basah oleh air maupun keringat, potensi terinfeksi kuman. "Kaos kaki yang tak rajin diganti atau sering berada ditempat lembab bisa mempermudah kaki terinfeksi bakteri, yang memungkinkan terjadinya cantengan jika terjadi luka,". Sebaliknya, kulit kaki yang terlalu kering pun bisa memicu terjadinya luka di kaki. Kulit yang kering akan membuat sel-sel kulit mati menumpuk di sudut-sudut jari kaki. Jika dibiarkan, lama-lama pertumbuhan kuku akan terganggu oleh penumpukan dan penebalan kulit kering tersebut, sehingga menusuk dan menimbulkan luka.
Cara Mengatasi
Jika dibiarkan, cantengan bisa parah yang ditandai adanya nanah. Kondisi tersebut tentu menimbulkan rasa nyeri. Karena itu, cantengan harus segera diatasi. "Sebaiknya jangan diatasi sendiri, tapi periksakan ke dokter,". Berikut ini yang biasa yang dilakukan dokter untuk mengatasi cantengan:
ü Antibiotik
Antibiotik ditujukan untuk membunuh kuman. Antibiotik yang diberikan bisa topikal (dioles) atau diminum. "Penicilin, Amoxilin dan obat-obatan antibiotik semacamnya diberikan terutama untuk cantengan parah, yaitu yang bernanah". "Antibiotik diperlukan sebelum melakuakan operasi untuk melepas kuku,". Terapi untuk membunuh kuman pada cantengan juga bisa dilakukan dengan menggunakan daun-daunan herbal. Namun, itu buka sebagai obat minum, melainkan untuk merendam kaki yang terluka sekaligus melancarkan peredaran darah di sekitarnya.
ü Pereda Rasa Nyeri
Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri. "Terutama ketika cantengan sudah agak parah, sehingga nyeri yang ditimbulkan sangat mengganggu aktivitas,".
ü Mencabut Kuku
Mencabut kuku yang menyebabkan terjadinya luka akan dilakukan setelah obat-oabatan antibiotik dan pereda rasa nyeri di minum. Bisa juga dengan cara menggunting kuku yang menyebabkan luka. "Namun, jika cantengan sudah parah hingga bernanah, bisa juga dilakukan operasi kecil untuk mencabut kukunya. Tentu saja operasi tidak bisa langsung dilakukan. Paling tidak satu minggu setelah pengobatan oral dan topikal,"


--------------------------------
Please do not reply to this email.
Sent with Mail Anyone Anywhere: http://steppschuh.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isi pertanyaan atau testimoni seputar pengobatan kuku anda